Sanggar Literasi Oktian Gelar Pelatihan MC Bagi Anak-anak

Administrator System
28-Mar-2021
2073

Bojonegorokab.go.id- Sanggar Literasi Oktian memberikan pelatihan Master of Ceremony (MC) atau public speaking bagi anak-anak. Pelatihan ini guna memberikan pemahaman mengenai kemampuan anak lewat publik speaking (berbicara ) di depan umum.

 

Pelatihan MC digelar di sanggar Jl Punden Desa Campurejo Kabupaten Bojonegoro dengan mendatangkan langsung narasumber Ernina yang pernah menjadi MC Humas Pemkab Bojonegoro.

 

Oktian Ika Ardhiani S,Pd pemilik sanggar literasi menuturkan bahwa dengan adanya pelatihan MC atau publik speaking diharapkan anak-anak nantinya bisa berani bicara di depan umum sesuai dengan etika tata bahasa yang baik serta benar.

 

"Pelatihan public speaking sangat bagus jika diajarkan sejak dini kepada anak-anak, Mereka akan mempunyai keterampilan bicara yang baik,” ujar wanita yang saat ini sedang menempuh pendidikan magister pendidikan di universitas Ronggolawe Tuban

 

Oktian menjelaskan mengasah kemampuan public speaking pada anak-anak bermanfaat untuk menumbuhkan kepercayaan diri khususnya public speaking.

 

Sementara itu, Ernina sebagai narasumber dalam pelatihan MC mengatakan bahwa dalam public speaking bukan hanya tentang MC dan presenter, namun yang dibutuhkan saat tampil di hadapan masyarakat . “Yakni ketrampilan menyampaikan sesuatu dengan baik kepada orang lain dan bisa dimengerti tata bahasanya,” ucapnya.

 

Selain itu, adapun saat menjadi MC hal yang paling penting dipahami agar tetap percaya diri di atas panggung antara lain gaya berbicara, kesesuaian dengan tema, penampilan busana, pemaham materi, penguasaan panggung, dan lain-lain.

 

"Tanyangan yang kerap dirasakan oleh public speaker, saat tampil yakni ketakutan atau nervous. Hal ini menimpa semua usia, baik anak-anak maupun dewasa,” tuturnya.

 

Ia juga menambahkan, bahwa kunci menjadi MC yang baik adalah jam terbang dan pengalaman serta komitmen untuk selalu berlatih di bidang publik speaking.(FIF/NN)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %