Manfaatkan Bambu Sekitar Rumah, Pemuda Asal Ngraho Ini Sukses Usaha Kerajinan

Administrator System
21-Feb-2021
1972

Bojonegorokab.go.id - Manfaatkan bahan alam di pekarangan rumah, Mahfud Efendi, pemuda asal Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro ini mengembangkan usaha kerajinan tangan dari bambu. Ketekunannya membuahkan hasil. Kini ia mampu memproduksi 1.000 buah kerajinan. 

 

"Selain meningkatkan perekonomian di desa, hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan hasil kerajinan bambu yang dulunya hanya bisa membuat kebutuhan rumah tangga. Sekarang bisa meningkatkan dan menghasilkan produk-produk modern,” ucapnya.

 

Setiap hari Mahfud dapat memproduksi 200 sampai 1.000 buah kerajinan tangan berbahan bambu menjadi berbagai model. Mulai dari tempat tisu, miniatur lampu, besek, rantang, tas dan masih banyak kerajinan tangan yang lainya.

 

Terkait omzet yang didapatkan dari penjualan kerajinan tangan dari bambu terbilang cukup besar yaitu bisa mencapai jutaan rupiah.

 

Mahfud menjelaskan untuk pemasaran dilakukan secara online. "Untuk awal merintis, pemasaran produknya dilakukan di lingkungan rumah dan antar desa, namun saat ini Alhamdulillah, pemesanan sudah merambah ke luar kota,” jelasnya

 

Tidak lupa juga, Mahfud Efendi yang tinggal di Desa Sugihwaras tersebut berharap kedepanya usaha yang dirintisnya semakin berkembang dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga bisa mengurangi pengangangguran yang ada di desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho.

 

"Bagi generasi millenial jadilah pemuda yg ulet dan KIP (Kreatif Inovatif Produktif) dan dari masyarakat maupun pemerintah kabupaten Bojonegoro bisa mencintai dan menyayangi juga membeli produk-produk lokal yang ada Bojonegoro,” pungkasnya.(FIF/NN)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %