Kreasi Rajut Bhinelis Asli Bojonegoro, Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomi Tinggi

Administrator System
27-Mar-2021
2042

Bojonegorokab.go.id - Berawal dari hobi dan mengisi waktu senggang, Lilis Sri Hindari, Ibu rumah tangga asal Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro ini mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Lilis membuat kreasi rajut yang punya nilai ekonomi tinggi.

 

Lilis menceritakan semua bermula ketika tidak mendapat ijin bekerja di luar rumah oleh suaminya. Hal itu ternyata membawa berkah dengan munculnya ide untuk mengembangkan hobinya menjadi sesuatu yg menghasilkan.

 

Dari sanalah Ia memilih kreasi rajut yang disulap menjadi berbagai barang unik. Seperti tas, dompet, sling bag, sarban, kotis, gantungan kunci, maghnet kulkas, sepatu, taplak, wearable dan lain-lain mengalir sesuai permintaan customer. Ia memajang karyanya di rumah produksi BHINELISH (merek produknya) yang beralamat Jalan Masjid RT 3 Rw 1 Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro.

 

"Selain mandiri dengan usaha sendiri, saya juga ingin mengajak wanita khususnya para Ibu rumah tangga, agar bisa ikut bekerja dan mendapat tambahan penghasilan sendiri dengan tidak jauh dari rumah," tuturnya.

 

Selain memproduksi kerajinan rajut, ia juga beberapa kali mengadakan pelatihan di instansi pemerintah, sekolah, lembaga sosial, dan organisasi masyarakat, yang memanfaatkan sebagian ruang di rumah nya sebagai tempat melaksanakan workshop. Tujuannya mengembangkan produk handmade agar lebih dikenal dan diminati. 

 

"Alhamdulillah sekarang ada 8 karyawan lepas yg membantu usaha kami," ungkap Lilis.

 

Dalam satu minggu dirinya selalu mengusahakan menyelesaikan pesanan pelanggan, Membuat stok dengan kecepatan tanganya yang sudah lihai bisa membuat 10 tas handphone dalam waktu sehari. Tak lupa ia meluangkan waktunya mengikuti workshop online untuk update karya dan menambah ilmu agar karya BHINELISH tidak ketinggalan model.

 

Hingga saat ini, produknya sudah tembus pasar modern yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan meraup omset sekitar Rp5 juta per bulan dengan difasilitasi oleh Dinas Koperasi. Selain itu Ia juga memasarkan lewat status WhatsApp, Facebook, mulut kemulut secara getok tular, Juga di Car Free Day sambil ngenalkan produknya ke masyarakat luas.

 

"Dulu waktu masih ada CFD lumayan hasilnya, tapi semenjak ada pandemi semua berbanding terbalik," ungkapnya.

 

Menurutnya untuk saat ini penjualan produknya sangat menurun drastis. Pesanan yang ada hanya beberapa saja cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok, bahkan karyawan lepas/tenaga borongnya sudah jarang mendapat kerjaan.

 

"Namun di awal pandemi saya belum begitu merasakan dampaknya, karena sempat banting stir memfokuskan produksinya membuat masker rajut, dan pengait masker rajut," Tandasnya.

 

Meskipun di tengah pandemi, produknya pun tidak berubah harga, mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp 500.000. Dengan harga murah, anda bisa memiliki produk rajut unik dari BHINELISH yang tentunya tidak mainstream.(NN/Kominfo)

 

Selain di alamat produksinya, ia juga memasarkan produknya melalui kontak dibawah ini:

Wa 081357348932

Ig: Bhinelishrajut_bjn

Fb: lilis BHINELISH rajut.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %