DLH Beri Bantuan Kendaraan Pengangkut Sampah ke Kelompok Bank Sampah

Administrator System
14-Jan-2021
1981

Bojonegorokab.go.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro memberikan bantuan kendaraan pengangkut sampah ke kelompok Bank Sampak Bojonegoro. Bantuan kendaraan roda tiga dan perlengkapan lainnya ini sebagai wujud pemerintah kabupaten dalam pengendalian volume sampah di Bojonegoro.

 

Penyerahan bantuan tersebut diselenggarakan di halaman pendopo Malowopati Jalan Mas Tumapel No l Bojonegoro, Kamis (14/01/2021). Selain Bupati Bojonegoro Anna Muawannah, hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bojonegoro Hanafi, perwakilan kelompok Bank Sampah, serta PC Fatayat Bojonegoro, 

 

Bupati Anna Muawannah dalam sambutanya mengajak dan mengkampanyekan kepada masyarakat Bojonegoro untuk lebih ramah lingkungan, dengan memanfaatkan limbah rumah tangga yang masih bisa digunakan. “Misalnya, bagi ibu-ibu yang selesai membersihkan beras bekas airnya jangan dibuang begitu saja, tetapi gunakanlah untuk menyiram tanaman disekitar rumah agar tanaman atau pepohonan disekitar rumah menjadi lebih subur dan dapat menghasilkan banyak oksigen tentunya,” ucapnya.

 

Masih dalam penjelasannya, Bupati Anna juga menambahkan bahwa mengimbau masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya agar tidak berserakan dan sampah tersebut lebih mudah saat dibersihkan. “Dengan adanya bantuan kendaraan dari Dinas Lingkungan Hidup dapat menjadi upaya untuk mempermudah masyarakat dalam pengendalian sampah khususnya di Bojonegoro,” imbuhnya. 

 

Bupati Anna juga berharap dengan adanya kerjasama DLH dengan PC Fatayat dapat menginspirasi organisasi- organisasi lain untuk ikut serta dalam pengendalian sampah tentunya.

 

Sementara itu, Kepala DLH Bojonegoro Hanafi mengatakan bahwasanya penduduk Bojonegoro sekitar 1,3 juta. Setiap harinya satu orang menyumbang 0,4 kilogram sampah dan setiap harinya sampah yang tertumpuk sebanyak 550 ton perhari. Maka dari itu salah satu upaya pemkab mengurangi volume sampah adalah dengan adanya Bank Sampah.

 

"Sejauh ini, di Bojonegoro terdapat 165 kelompok Bank sampah yang tersebar di 20 Kecamatan,” ujarnya.

 

Adanya bantuan kendaraan pengangkut sampah, Hanafi berharap dapat memberikan semangat dan sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola sampah yang ikut andil dalam pengendalian sampah di Bojonegoro.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %