Sudetan Kali Gandong Tingkatkan Ekonomi Petani

Administrator System
28-Sep-2020
1896

Bojonegorokab.go.id - Sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro membangun sudetan kali Gondang. Sudetan yang terletak di Desa Kedungsumber Dusun Sugihan sudah direncanakan tahun 2009 dan baru dapat teralisasi saat ini.

Selain mengurangi dampak banjir bandang setiap musim penghujan, sudetan kali Gandong yang terletak di Dusun Sugihan dirasa dapat berpotensi meningkatkan perekonomian warga melalui akses pertanian.

Kepala desa Kedungsumber Sukardi menuturkan bahwa masyarakat Kedungsumber sudah sejak lama menunggu adanya Sudetan Kali Gandong ini, karena masyarakat dihantui rasa takut dan was-was saat tiba musim penghujan yang sangat berpotensi sewaktu-waktu terjadinya banjir bandang.

“Selain itu, dampak kerugian yang sangat dirasakan oleh warga yaitu dari sektor pertanian.karena warga Kedungsumber rata-rata mata pencaharianya sebagai petani, ucapnya.

Sukardi juga menjelaskan, dengan adanya sudetan kali Gandong dapat mengurangi dampak psikologi warga dimana 260 keluarga yang terdampak dari 3.453 keluarga penduduk Kedungsumber. Sudetan juga menjadikan permukiman penduduk lebih aman serta meningkatkan hasil pertanian.

“Kedepanya, Pemerintah Desa Kedungsumber merencanakan membangun penguatan tanggul dengan menanam pohon sejenis bambu kuning yang dirasa sangat cocok untuk menahan tanah longsor ataupun terjadinya abrasi. Selain itu akan di budidayakan tanaman kelengkeng disekitar sodetan tersebut,” terangnya.(FIF)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %