Sebanyak 1.066 KK Di Bojonegoro Terima BLT DD Tahap I

Administrator System
07-Mei-2020
1878

bojonegorokab.go.id - Ribuan Kepala Keluarga (KK) miskin terdampak virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro telah menerima bantuan tunai langsung (BLT) Dana Desa tahap I, Rabu (6/5/2020). "Kami harapkan pemerintah desa dan kecamatan segera merampungkan berkas agar BLT DD Tahap I ini bisa dinikmati penerima manfaat," pesan Kepala DPMD Bojonegoro, Mahmuddin. Dijelaskan ada 1.066 penerima manfaat dari program ini. Mereka tersebar di 21 desa di 6 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. "Dari jumlah tersebut mereka akan memperoleh BLT sebesar Rp 600 ribu setiap KK yang diterimakan selama tiga bulan," jelasnya. Seribuan keluarga miskin yang menerima BLT DD itu tersebar di Kecamatan Bubulan, Dander, Kapas, Kalitidu, Temayang dan Sekar. Total anggaran yang sudah digelontorkan hingga, Rabu (6/5/2020) sebesar Rp639.6000. Jumlah penerima BLT DD dan anggaran yang digelontorkan ini akan terus bertambah, karena belum semua desa menyalurkannya. Sebab Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro memberikan deadline agar bantuan tersebut disalurkan maksimal hingga Jumat (8/5/2020).

Sementara itu Koordinator Pendamping Kabupaten Bojonegoro, Didik Wahyudi menambahkan, bagi desa yang DD tahap I telah habis agar merealisasikan tahap 1 sebesar 30% dan mengupload ke Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) yang dibantu oleh pendamping desa. Sing wis ngendum duwit BLT DD onok selikur desa. Roto-roto desa sing ngendum kui nganggo DD sing tahap siji. Kanggo desa sing DD ne tahap siji wis entek supoyo ngrealisasekno tahap siji telung puluh persen karo upload OMSPAN sing diewangi poro Pendamping Desa. "Semakin cepat diunggah di OMPSPAN, akan semakin cepat pencairannya," pesan didik.

Salah satu Tenaga Ahli Kemendes PDTT Kabupaten Bojonegoro, Edy Prayitno menjelaskan setelah Validasi dan Penetapan ditingkat desa dan dilakukan verifikasi di tingkat kecamatan BLT DD sudah bisa dicairkan oleh masing-masing desa kepada warga penerima melalui Virtual Account yang bekerjasama dengan Bank Jatim. (Dwi/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %