DPMD dan Tenaga Ahli Fasilitasi Desa Susun RKPDes

Administrator System
16-Jul-2020
1881

bojonegorokab.go.id - Sebanyak 40 desa di Kabupaten Bojonegoro sedang menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes). Proses penyusunan difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bojonegoro (DPMD) bersama Tenaga Ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD). Kepala DPMD Bojonegoro, Machmuddin mengatakan rencananya fasilitasi tim gabungan ini akan berlanjut hingga 80 desa se-Bojonegoro. Tujuannya agar desa lebih fokus dan lebih detail merencanakan pembangunan.

Selanjutnya fasilitasi RKPDes dilanjutkan Pemdamping Desa se-Bojonegoro hingga menyasar ke semua Desa. “Ini sesuai amanah Permendagri no 114 pasal 5 ayat 3 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa bulan juli tahun berjalan mulai disusun RKPDes oleh pemerintah Desa," kata katanya. Sebelum kegiatan, dilakukan pematangan materi yang disampaikan di desa-desa sasaran. Pematangan materi dilakukan dua hari melibatkan tim dari DPMD dan Tenaga Ahli P3MD dan dilanjutkan turun ke lapangan. “Materi sesuai kebutuhan desa sasaran agar memudahkan penyusunan RKPDes.

Fasilitasi yang dilakukan tim ini kami harapkan bisa berdampak baik dalam pemberdayaan dan proses pembangunan di desa-desa," tambah koordinator P3MD Kabupaten Bojonegoro, Didik Wahyudi. Usai fasilitasi RKPDes di 40 Desa akan dilanjutkan evaluasi untuk merencanakan tahapan berikutnya hingga menyasar 80 desa se-Bojonegoro. Hasil evaluasi akan disampaikan ke pendamping desa se-Bojonegoro untuk tindak lanjut fasilitasi di 419 desa. (Nng/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %