BPJS Ketenagakerjaan Beri Lapak Asik, Ini Penjelasannya

Administrator System
08-Des-2020
6624

Bojonegorokab.go.id - Berinovasi di tengah pandemi, BPJS Ketenagakerjaan memberikan layanan aplikasi LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Kontak Fisik). Hal ini salah satunya dipicu dampak negatif covid-19, yakni banyak perusahaan yang terpaksa harus mem-PHK karyawan. Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan telah menyiapkan aplikasi untuk beberapa klaim terkait Ketenagakerjaan, yaitu LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Kontak Fisik) yang terdiri dari Agus Susanto selaku Dirut BPJS ketenagakerjaan menjelaskan, sejak Bulan Maret 2020 BPJS Ketenagakerjaan telah memperkenalkan LAPAK ASIK melalui kanal hibrid yaitu daring (online), offline, dan kolektif. Untuk kanal daring, peserta dapat mengajukan klaim dengan cara mengakses antrean.bpjsketenagakerjaan.go.id. Namun bagi peserta yang mengalami kendala saat menggunakan Lapak Asik daring, BPJS Ketenagakerjaan juga membuka kanal offline yang tersedia di kantor cabang BPjs Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. "Guna memastikan pelayanan LAPAK ASIK berjalan dengan baik, kami jajaran direksi melakukan peninjauan ke beberapa cabang untuk mengecek kesiapan pelaksanaan layanan tersebut dalam menghadapi klaim JHT dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," kata Agus. Ia menjelaskan, LAPAK ASIK offline di kantor cabang merupakan layanan yang tetap tidak mempertemukan petugas dan peserta secara langsung. Guna mendukung layanan tersebut, petugas BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan sarana berupa layar monitor yang terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data. Sementara itu, salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan Faisal dari Kelurahan Sumbang Kecamatan Bojonegoro merasa sangat senang dengan adanya pelayanan lapak asik atau ONSITE yang mengurangi kontak langsung dengan orang lain mengingat masih dalam masa pandemi seperti ini, disamping itu pelayanan cepat dan mudah.(FIF/Kominfo) Adapun petunjuk pelayanan LAPAK ASIK secara ONSITE sebagai berikut ; 1. Persiapkan dokumentasi asli anda, seperti KTP, KK, Kartu peserta BPJAMSOSTEK, surat keterangan berhenti bekerja, buku rekening, NPWP (untuk saldo di atas Rp.50 juta) 2. Scan QR code atau ketik link berikut http://BPJS.tk/mxrz 3. Aktifkan fitur GPS Ijinkan atau aktifkan fitur lokasi di smartphone anda, pastikan anda berada di sekitar kantor cabang 4. Isi data anda (yang sebenarnya pada kolom yang tersedia) 5. Upload dokumen (upload setiap dokumen pada nomor satu melalui smartphone anda) 6. Notifikasi (tunjukan notifikasi pengajuan klaim kepada petugas untuk mendapatkan nomor panggilan) 7. Anda akan dipanggil Petugas layanan untuk verifikasi data secara virtual dengan nomor panggilan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %