Berbagi Tips Sehat Puasa di Tengah Pandemi Corona

Administrator System
24-Apr-2020
1854


bojonegorokab.go.id - Menjalankan ibadah puasa bukan berarti tubuh lemas dan kurang sehat. Karena ternyata puasa bisa menambah tubuh makin sehat. Dinas Kesehatan Bojonegoro berbagi tips tetap sehat saat menjalankan puasa di tengah pandemi corona atau Covid-19.  

“Langkah pertama adalah dengan tetap menjalankan sunnah-sunnah puasa seperti yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW. Diantaranya santap sahur dan menyegerakan berbuka ketika tiba waktunya. Disamping itu menjaga konsumsi air minimal 2,5 liter perhari,” ujar dr Ahmad Hernowo, Sekretaris Dinas Kesehatan Bojonegoro saat berbicara di acara Ayo Masbro Radio Malowopati Jumat (24/4/2020).  

Dipandu penyiar Nasruli Husna, Hernowo juga menjelaskan, perlunya mengonsumsi buah dan sayur. Terkait masa pandemi ini, ia meminta masyarakat tetap di rumah dan tidak mudik. “Apalagi dari daerah terpapar dengan kondisi berat," terangnya.

Lebih jauh, pihaknya mengajak seluruh warga Bojonegoro menjalankan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Hal ini karena kunci menghadapi covid-19 adalah kekebalan tubuh atau imunitas. Sehingga pengaturan pola makan, pola pikir dan aktifitas juga sangat penting diperhatikan.

Sementara itu, Imam Wahyudi Kasi Promoter Kesehatan Bojonegoro yang juga hadir dalam program Ayo Masbro menekankan untuk menjaga pola pikir. Sebisa mungkin menghindari stres terutama yang sedang berada di rumah karantina, yang disediakan oleh gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di 420 desa di Bojonegoro. Momentum puasa sangat tepat digunakan menjaga tenangnya pikiran agar tidak stress.

"Sudah terbukti, kog. Jika berdzikir terutama 30 menit sebelum tidur dapat membuat diri kita sangat rileks. Dan ini sangat kita membantu menjaga imunitas tubuh. Sehingga menjaga kita dari virus corona," pungkasnya. (Nng/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %