Marbot Di Bojonegoro Dapat Insentif Rp125 Ribu/bulan

Administrator System
17-Des-2019
1906

bojonegorokab.go.id - Pemkab Bojonegoro bakal memberikan insentif kepada marbot atau penjaga kebersihan tempat ibadah di Bojonegoro. Sedikitnya ada 2.044 di Bojonegoro yang memperoleh insentif dari Pemkab yang setiap orangnya akan mendapat Rp125 ribu/bulan. "Insentif ini akan diterimakan setiap 3 bulan sekali," ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Bojonegoro, Sahari.

Dijelaskan untuk program ini Pemkab telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp5.895.000.000. "Sebelumnya kami telah melakukan pendataan dan memverifikasi calon marbot penerima insentif ini supaya bantuan ini tepat sasaran," tegas mantan Plt Camat Gayam ini. Menurutnya, jumlah marbot di Bojonegoro awalnya sebanyak 3.193 orang, dari 1.197 tempat ibadah baik masjid, dan gereja. "Namun setelah dilakukan verifikasi pertama sebanyak 2.618 orang, dan tersisa 2.044 orang," tandasnya.

Verifikasi salah satunya didasarkan nomor induk kependudukan (NIK) yang sesuai dengan catatan sipil dan kependudukan (Capilduk). “Yang tidak lolos ini kebanyakan NIK-nya tidak sesuai,” ucapnya. Setiap tempat ibadah maksimal tiga orang yang mendapatkan insentif. “Jumlah penerima ini setiap tahunnya bisa bertambah,” katanya. Pemberian insentif ini sebagai bentuk perhatian Pemkab Bojonegoro kepada penjaga kebersihan tempat ibadah. Karena selama ini mereka membersihkan dan menjaga tempat ibadah untuk memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang akan melakukan ibadah.

Ditambahkan, intensif langsung ditransfer ke rekening masing-masing marbot penerima. “Sempat ada beberapa fotocopy rekening yang tidak jelas sehingga kita harus disesuakan lagi. Tapi sekarang semua sudah klir, dan kita transfer,” pungkasnya. (Git/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %