Launching KPM dan Kenalkan Tehnologi Drone untuk Penyiraman Tanaman

Administrator System
23-Jul-2019
1927

bojonegorokab.go.id - Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menantang Dinas Pertanian untuk menemukan dan menetapkan tehnologi pertanian yang dapat dikembangkan di Bojonegoro. “Saya tantang sekarang. Tehnologi pertanian apa yg bisa diterapkan oleh Dinas Pertanian di Bojonegoro," ujar Bupati Anna Muawanah saat melaunching Kartu Petani Mandiri (KPM) dan Gelar Teknologi Pertanian di Desa Ngujung, Kecamatan Temayang, Selasa (23/07/2019).

Bupati sangat mengapresiasi ide gelar teknologi pertanian oleh Dinas Pertanian Bojonegoro agar petani dapat belajar, menela’ah dan memahami teknologi di sektor pertanian. "Harapannya, bagaimana teknologi mulai diterapkan disektor pertanian," tandas Anna Muawanah. Seperti diketahui, selain melaunching KPM, Dinas Pertanian juga mengenalkan teknologi pertanian, yaitu penyiraman tanaman menggunakan teknologi drone.

Menurut PLt. Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro Helmy Elizabet, KPM adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap petani. "Petani dapat memperoleh KPM dengan bergabung menjadi anggota Kelompok Tani yang terdapat di wilayahnya," ujar perempuan yang juga sebagai Kepala Dinas Sosial Bojonegoro ini. Dijelaskan KPM dan bantuan untuk petani akan disalurkan melalui kelompok tani karena desuai regulasi yang ada, bantuan dalam bentuk dana hibah sifatnya adalah untuk kelompok, instansi atau lembaga. "Perlu diketahui juga bahwa bantuan bagi kelompok tani akan disalurkan dalam bentuk sarana dan pra sarana produksi (saprodi) sehingga dapat dimanfaatkan seluruh anggota dan mampu menunjang proses tanam hingga panen," jelasnya.

Selain itu lanjut Helmy, pihaknya akan melakukan pendampingan kepada petani untuk memproses pengajuan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten. “Kita akan mendampingi kelompok tani dalam memenuhi persyaratan untuk mengajukan bantuan kepada Pemkab melalui tim di lapangan," tegasnya. Sementara itu selain Bupati, acara tersebut juga dihadiri Pj. Sekda, OPD Kabupaten. Bojonegoro, Forpimda, Camat se Kabapaten Bojonegoro serta jajarannya, Jajaran Muspika Kecamatan Temayang, Kepala Desa Ngujung dan Kelompok Tani se Bojonegoro. (Git/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %