Helmy Elizabeth ; KPM Solusi Bagi Para Petani

Administrator System
22-Jul-2019
1914

bojonegorokab.go.id - Pemkab Bojonegoro terus berupaya untuk terus meningkatkan produktifitas petani. Kartu Petani Mandiri (KPM) akan menjadi solusi permasalahan yang selama ini dialami petani. Permasalahan yang dihadapi pada sektor pertanian tersebut antara lain serangan hama, kekurangan air saat musim kemarau dan banjir saat musim penghujan. 

Hal itulah membuat pemerintah dituntut untuk terus berupaya serius dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara berkelanjutan. Plt. Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Helmy Elizabeth, mengungkapkan hingga saat ini sudah banyak upaya yang telah dilakukan dalam menangani gagal panen, diantaranya adalah mensosialisasikan ramalan BMKG kepada petani tentang pergantian musim, dengan ini petani bisa memprediksi kapan saatnya mulai tanam dan kapan saatnya untuk merubah pola tanam. "Upaya ini juga merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU.SDA) sebagai penyedia irigasi bagi daerah-daerah yang rawan kekeringan melalui kantung-kantung air," ungkapnya. 

Selain itu, kata Helmy, Pemkab juga menyediakan asuransi pertanian sebagai antisipasi jika terjadi gagal panen. "Melengkapi semua itu, Pemkab membuat terobosan baru yaitu Program Petani Mandiri yang melahirkan Kartu Petani Mandiri (KPM)," tegas Helmy. Program KPM ini akan diluncurkan Pemkab Bojonegoro Selasa besok (23/07/2019) di Desa Ngujung Kecamatan Temayang. (Git/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %