Dinas Kominfo Gelar Pelatihan SID Di Kecamatan Kedungadem

Administrator System
24-Jul-2019
1917

bojonegorokab.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro menggelar pelatihan sistem informasi desa (SID) di Balai Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Kamis (24/07/2019). Kegiatan ini diikuti operator website kecamatan, sekretaris desa (Sekdes), dan pengelola SID di 23 desa wilayah Kecamatan Kedungadem.

Pelatihan ini menghadirkan sejumlah nara sumber antara lain dari Dewan Teknologi dan Informasi (TIK) Bojonegoro, Warsono, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, M. Sofyan. "Pelatihan ini untuk lebih menguatkan sistem keterbukaan informasi publik di Bojonegoro. Karena keterbukan yang dibangun tidak hanya diterapkan pada pemerintahan di tingkat kabupaten, tapi juga di tingkat pemerintahan desa," ungkap Kepala Bidang E-Gov Dinas Kominfo Bojonegoro, Alit Saksama.

Dijelaskan workshop SID ini merupakan inisiatif dan inovasi bersama antara pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakyat. Sebab belum optimalnya fungsi koordinasi, sinergitas dan pengendalian program penanggulangan kemiskinan antar stake holder. "Salah satu faktor terbesarnya adalah belum tersedianya data yang presisi dengan kondisi faktual di lapangan. Akibatnya bantuan yang di jalankan perangkat daerah dalam menentukan fokus, sasaran dan strategi implementasinya belum tepat sasaran," ujar Alit, sapaan akrabnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, melalui SID ini nantinya data yang tersedia di masing-masing desa akan lebih akurat. Program-program penanggulangan kemiskinan akan sesuai dan tepat sasaran sehingga dapat mendorong terwujudnya percepatan pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. "SID ini sangatlah di perlukan oleh tenaga ahli, pendamping desa, pendamping lokal desa dalam pelaksanaan program," tegasnya.Kepala Desa Tondomulo, Yanto berharap, dengan adanya pelatihan SID ini dapat menambah ilmu baru bagi para perangkat desa yang nantinya dapat di implementasikan langsung dalam kinerja di masing-masing desa. (Fif/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %