Desa Pejambon Kembangkan Wisata Desa dengan Bangun Sembilan Wahana

Administrator System
01-Sep-2019
1881

bojonegorokab.go.id - Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, kian produktif dan inovatif. Desa yang pernah menyabet juara layanan informasi publik dan transparansi terbaik tingkat nasional itu sedang mengembangkan wisata desa berbasis edukasi, dan ekonomi masyarakat.

Pengembangan Wisata Desa tersebut dilengkapi sembilan wahana. Pertama, wisata tengah sawah berisi edukasi pertanian, gazebo serbaguna, dan photo board. Kedua, kawasan All Terrain Vehicle (ATV) yang terdiri dari garasi, track, dan toilet. Kemudian, museum pertanian berisi alat-alat pertanian tempo doeloe seperti garu, luku, ani-ani, lesung, dan lain sebagainya, serta panggung terbuka. Keempat, wahana outbond yang dilengkapi flying fox, dan playground. Kelima lahan parkir. Keenam outlet kuliner khas pedesaan. Ketujuh outlet desa yang berisi produk-produk UMKM desa setempat. Kedelapan posko informasi, dan terakhir taman bestari.

Wisata tersebut dibangun di jalan masuk desa. Tepatnya di sekitar Kantor Balai Desa Pejambon. "Wisata ini terintegrasi menjadi satu kawasan di lahan seluas sekitar 3 hektar," kata Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Kemitraan (TPKK) Desa Pejambon, Sufyan di sela-sela pembahasan rencana kerja dan tindaklanjut pembangunan wisata desa berbasis edukasi dan ekonomi rakyat di salah satu resto di Gang Srinayan, Minggu (1/9/2019). Dijelaskan, anggaran pembangunan sembilan wahana untuk pengembangan wisata desa berbasis edukasi dan ekonomi masyarakat ini bersumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebesar Rp1,34 miliar.

Bantuan hibah itu diberikan karena Pejambon dinilai berhasil mengelola dan memanfaatkan dana desa secara transparan. Teknis pembangunannya dilaksanakan secara kemitraan yang melibatkan multi pihak. Diantaranya off-taker atau pebisnis profesional pendamping program, inkubator (lembaga pendamping), Kelompok Kerja (Pokja) kebudayaan Bojonegoro, dan kelompok ekonomi desa. "September ini pembangunan kita mulai, dan ditargetkan akhir tahun ini selesai," tegasnya. Sufyan berharap dengan pengembangan wisata desa ini dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat dalam meningkatkan ekonominya.

Seperti tumbuhnya industri-industri kreatif yang mendukung keberadaan wisata desa tersebut. "Dengan begitu harapan kita untuk mewujudkan Pejambon transparan dan sejahtera bisa terwujud," pungkas pria yang juga menjabat Plt.Sekretaris Desa itu. Camat Sumberrejo, Ilham berharap keberhasilan Desa Pejambon ini dapat memotivasi desa lainnya di Bojonegoro, khususnya di wilayahnya dalam memaksimalkan potensi desanya. "Jika itu digarap maksimal saya yakin bisa menjadi sumber pendapatan bagi desa, dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," tegasnya saat mengikuti pembahasan rencana kerja dan tindak lanjut pengembangan wisata desa. (Dwi/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %