Bupati Anna Berharap Tembakau Bojonegoro Terus Berjaya

Administrator System
25-Sep-2019
1912

bojonegorokab.go.id - Untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada para petani Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah melakukan Panen Raya Tembakau di Desa Jipo, Kecamatan Kepohbaru, Rabu (25/9/2019). Panen raya tembakau ini juga hadiri jajaran forum pimpinan daerah (Forpimda), Perwakilan PT. Djarum, Perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, dan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI).

Dalam laporannya Plt Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Helmy Elizabeth, menjelaskan luas area dan produksi tembakau di Bojonegoro sangat fluktuatif. "Tahun 2019 ini tercatat seluas 11.210 hektar (Ha). Terbagi menjadi 3 jenis yaitu tembakau Virginia seluas 6.027 Ha yang tersebar di Kecamatan Kepohbaru, Kedungadem, Sugihwaras,Sukosewu, Baureno, Sumberrejo dan Kanor," ungkapnya. Sedangkan untuk tembakau Jawa lanjut Helmy, seluas 4.039,8 ha , dan RAM seluas 1.144 ha yang banyak tersebar di wilayah Bojonegoro bagian Barat."Luasan areal tembakau ini tergantung banyak hal terutama serapan pabrik dan iklim," ujar Helmy.

Sementara itu Bupati Anna Muawanah menegaskan bahwa panen raya ini merupakan cara Pemerintah untuk memberikan semangat kepada para petani untuk terus meningkatkan kualitas tembakaunya. "Jika kualitas tembakau kita semakin baik maka akan menarik pabrikan untuk bekerja sama atau membeli tembakau langsung di Bojonegoro," ujar Bu Anna, sapaan akrabnya. Bupati berharap tembakau di Bojonegoro dapat terus berjaya. Oleh karena itu perlu adanya dukungan para stakeholder di dalamnya. "Pemkab sekarang ini sedang berupaya untuk memberikan jaminan asuransi kepada petani jika terjadi gagal panen. Asalkan tidak melanggar Undang-Undang dan peraturan yang berlaku," imbuhnya. (Git/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %