54 PKL Bojonegoro Direlokasi Permanen Ke Galeri UMKM

Administrator System
30-Nov-2019
1858

bojonegorokab.go.id - Sebanyak 54 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kabupaten Bojonegoro direlokasi secara permanen di zona yang nyaman untuk berjualan di Galeri UMKM Jalan Pattimura. Plt Kepala Dinas Perdagangan, Sukemi, menjelaskan, tujuan dilakukannya relokasi ini diantantaranya agar PKL tenang, nyaman berjualan pada lokasi yang ditentukan, sebagai wujud perhatian pemerintah untuk tidak menggusur namun merelokasinya.

Selain itu, pelaku usaha atau PKL terdaftar secara resmi pada Dinas Perdagangan sehingga diberikan TDU PKL dan Kartu Pedagang Produktif (KPP) sebagai salah satu syarat tambahan modal usaha bunga lunak di PD BPR. "Relokasi ini salah satu visi dan misi Pemkab Bojonegoro dalam melakukan pembinaan dan penataan PKL," tegas Sukemi. Dia mengungkapkan, dengan dilakukannya relokasi tersebut, PKL tidak lagi melanggar ketertiban menempati fasilitas umum (fasum) seperti trotoar dan bahu jalan. "Sehingga fasum bermanfaat sesuai fungsinya," tandasnya.

Di lokasi relokasi PKL merasa nyaman. Karena dilengkapi PJU, listrik, air PDAM, pinjam pakai tenda secara seragam BANK JATIM dan tidak bongkar pasang seperti jualan semula serta ada daya tarik pengunjung melalui hiburan demi kelangsungan jualan. Selain itu, dilengkapi bak sampah untuk menjaga kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro. Pihaknya memastikan, tempat semula yg ditinggalkan PKL tidak di tempati PKL baru, disterilkan dengan pengawasan tim oleh Satpol PP dan Dishub, Untuk mengenalkan masyarakat, pihaknya mempublikasikan secara rutin sekaligus sebagai ajang promosi. "Sementara untuk menyediakan menu yang sehat diberikan pembinaan dari Dinkes," tukasnya. Dinas Perdagangan akan melakukan pembinaan dan penataan lagi pada lokasi PKL lain agar semua tertib, indah, aman, nyaman dan terkendali. (Dwi/Kominfo)

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Kami?

Sangat Puas
81 %
Puas
5 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
14 %